ABG Vokasi UNG Giatkan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Pohe

ABG Vokasi UNG Giatkan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Pohe

Kota Gorontalo sangat terkenal dengan Objek Wisata pesisir pantai, salah satunya yang sudah sangat familiar yakni Taman Wisata Tangga 2000 di Kelurahan Pohe. Hal inilah yang mendorong Universitas Negeri Gorontalo khususnya Program Studi D4 Arsitektur Bangunan Gedung (ABG) Program Vokasi melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Pohe.

 ABG melakukan Program Pengabdian Masyarakat pada hari sabtu, tanggal 15 Juni 2024 sebanyak dua (2) kegiatan dengan lokasi dan waktu yang bersamaan, kedua kegiatan tersebut yakni : (1) Pemasangan Papan Sign System dan (2) Lomba untuk masyarakat Kelurahan Pohe diantaranya : 1) Lomba Mewarnai tingkat anak-anak dan 2) Lomba balap karung tingkat dewasa.

 Menurut ketua Program Studi Arsitektur Bangunan Gedung ibu Syafriyani, ST., M.Ars. “Kedua kegiatan ini merupakan kegiatan tindak lanjut (follow up) dari Program Kemitraan yang dilakukan oleh Program Vokasi UNG dengan pihak Kelurahan Pohe pada tahun sebelumnya (2023). Kegiatan berupa Pemasangan Papan Sign System diharapkan mampu memperkenalkan keberadaan dan keindahan kawasan wisata yang ada di Kelurahan Pohe khusunya di taman wisata tangga 2000 yang dikenal dengan “Pantai Indah Pohe” kepada wisawatan lokal, wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara selain itu kegiatan pengabdian berupa Lomba Mewarnai tingkat anak-anak bertujuan menggali kreativitas anak-anak di Kelurahan Pohe akan keindahan lingkungan dan keserasian hunian binaan sedangkan Lomba balap karung tingkat dewasa agar mempererat tali persaudaraan antar masyarakat Kelurahan Pohe dan sebagai ajang silaturahmi civitas akademika Program Vokasi UNG bersama masyarakat di Kelurahan Pohe.

Pemilihan Kelurahan Pohe sebagai lokasi pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat dilakukan berdasarkan karakteristik kelurahan yang ada di sepanjang pesisir pantai dan menjadi destinasi wisata di Kota Gorontalo sehingganya menjadi titik kumpul masyarakat yang ingin menikmati keindahan alam pantai terlebih disuguhi dengan berbagai macam kuliner khas Gorontalo.

Kegiatan yang dilakukan oleh Program Studi D4 Arsitektur Bangunan Gedung (ABG) Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo diterima dengan baik oleh pihak pemerintah baik pemerintah Kelurahan Pohe maupun pemerintah Kota Gorontalo dalam hal ini dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo.

Bapak Hamid Habibie, S.Mn. selaku Lurah Pohe mengatakan “Kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman dari Program Vokasi UNG khususnya dari Program Studi D4 Arsitektur Bangunan Gedung (ABG) sangat bermanfaat buat kami terlebih guna promosi dan memperindah kawasan tangga 2000 sebagai salah satu objek wisata yang ada di Kota Gorontalo selain itu keakraban dan persaudaraan yang dipererat dengan kegiatan antar masyarakat baik dari usia muda hingga dewasa” harapannya kedepan bahwa Prodi ABG ini bisa menjadi mitra tetap bagi kelurahan bagi eksistensi destainasi wisata dan kepedulian lingkungan di pesisir pantai, tambahnya”.

Selain dari pihak kelurahan, tanggapan dan apresiasi yang positif juga dituturkan oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo ibu Lusiana J. Kaluara, S.AP., MM. Beliau menyampaikan bahwa “Kegiatan pemasangan Papan  Sign System pada objek wisata terkhusus di daerah sepanjang pantai sangat baik dan pastinya kami dari pemerintah Kota Gorontalo sangat berterimakasih kepada rekan-rekan akademisi dari UNG yakni Program Studi D4 Arsitektur Bangunan Gedung (ABG) atas ide dan kegiatan ini dan yang saya sangat apresiasi ialah pemilihan titik pemasangannya sangat sesuai bagi view dari pinggir jalan menuju lokasi wisata tangga 2000, selain itu tidak berada di area rawan bagi pengunjung dan masyarakat setempat serta menggunakan bahan/material yang ramah lingkungan khususnya area pesisir”

Ketua Tim pelaksana program Pengabdian Masyarakat ini, bapak A.M. Asri, ST., MT. mengatakan bahwa “pembuatan huruf membutuhkan waktu selama kurang lebih 1-2 minggu dikarenakan bahan/material yang digunakan merupakan bahan yang ramah lingkungan dan tidak memberikan dampak negatif bagi lingkungan sekitar, perakitan dan pembuatan Papan Sign System yang bertuliskan Pantai Indah Pohe dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di ruang workshop Program Studi D4 Arsitektur Bangunan Gedung (ABG) Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo”, bahkan finishingnya menggunakan cat khusus ruang luar dan area pantai”.

Menurut ketua Program Studi Arsitektur Bangunan Gedung ibu Syafriyani, ST., M.Ars. “Program ini hanya salah satu dari beberapa kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi D4 Arsitektur Bangunan Gedung (ABG) Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo dalam upaya berperan serta meningkatkan daya tarik secara visual terhadap keberadaan objek wisata yang ada di Kota Gorontalo selain itu sebagai bentuk penerapan (hilirisasi) ilmu dan pengetahuan di masyarakat khususnya dari sisi arsitektural..

“Jadi kalau datang menikmati keindahan panorama pantai dan berbagai macam kuliner yang ada di tangga 2000 di Kelurahan Pohe dan melihat papan yang bertuliskan Pantai Indah Pohe, maka itu adalah karya dari kami yah civitas akademika Program Studi D4 Arsitektur Bangunan Gedung (ABG) Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo sebagai bentuk pengabdian masyarakat di kelurahan Pohe”, tambah kaprodi ABG..