MERIAHKAN DIES NATALIS KE-59, VOKASI UNG GELAR KEGIATAN PKM DENGAN TEMA KAMPUS MENGAJAR

MERIAHKAN DIES NATALIS KE-59, VOKASI UNG GELAR KEGIATAN PKM DENGAN TEMA KAMPUS MENGAJAR

Program Vokasi turut memeriahkan pelaksanaan Dies-Natalis ke-59 UNG melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Kampus Mengajar yang diselenggarakan Kamis, 15 September 2022. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh seluruh dosen utusan masing-masing Program Studi baru di Lingkungan Program Vokasi UNG, diantaranya: Program Studi DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Program Studi DIV Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan, dan Program Studi DIV Arsitektur Bangunan Gedung.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 11.40 WITA dan berlokasi di dua Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di Kota Gorontalo yakni; SMK Negeri 3 Gorontalo dan SMK Negeri 2 Gorontalo. Adapun peserta dalam kegiatan ini terdiri dari seluruh siswa-siswi SMK dari beberapa Jurusan seperti Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Permesinan dan Desain Komunikasi Visual.

Ramlan Harun, S.Pd selaku Ketua Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Gorontalo turut mengapresiasi adanya kegiatan pengabdian dan berharap semua jurusan yang ada di sekolah ini dapat menjalin kerjasamanya ke depan dengan Program Vokasi UNG.

“Setiap tahun selalu di jurusan ini, siswa-siswi barunya hampir ada 3 sampai 4 kelas sementara guru yang mengajar di bidang ini masih kurang. Kemungkinan satu dua tahun kedepan hanya akan ada beberapa guru saja. Kami berharap akan ada kerjasama bersama Program Vokasi dalam hal mengajar sesuai dengan bidang kejuruan di sekolah ini, semisalnya minimal dalam kerjasama mahasiswa untuk PKL,” tuturnya.  

Sementara itu, Ketua Panitia PKM Vokasi, Romi mengatakan, meskipun kegiatan ini berlangsung dengan waktu yang terbatas, namun ia bersyukur kegiatan tersebut berjalan dengan lancar atas dukungan dan sambutan yang baik dari pihak sekolah serta tim dosen pengajar saat pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini ke depan mungkin harus disiapkan dengan matang agar keberadaan kita sebagai pengajar dapat dirasakan secara maksimal. Saya berharap kegiatan mengajar tidak hanya dua atau tiga jam saja sebenarnya, tetapi dalam satu semester bisa beberapa kali pertemuan, sehingga kompetensi itu dapat diurai. Karena kemarin itu setelah dievaluasi sehubungan persiapan mendadak dan waktu yang terbatas mungkin panitia vokasi selanjutnya bisa memaksimalkannya lagi apabila akan ada rencana kegiatan yang sama kedepannya,” imbuhnya.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang mengusung tema “Kampus Mengajar” di dua sekolah ini dihadiri pula oleh Direktur Program Vokasi UNG, Dr. Ir. Trifandi Lasalewo, S.T., M.T. Trifandi mengungkapkan kegiatan PKM tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan perayaan Dies Natalis Ke-59 UNG. Selain itu, beliau berharap kedepannya bisa ada kerjasama juga antara Vokasi dan beberapa SMK secara resmi melalui PKS, sehingga kemudian akan ada kegiatan-kegiatan secara rutin antara Vokasi UNG dan SMK di Gorontalo.

“Besok itu tanggal 16 September 2022 di Auditorium akan ada sidang senat dan acara puncaknya Dies Natalis Ke-59 UNG. Saya berharap kegiatan PKM Program Vokasi selain dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Dies-Natalis ini, juga dapat memberikan kontribusi secara kontinu kepada pihak sekolah menengah kejuruan terutama guru-gurunya. Semoga dengan hadirnya teman-teman baik itu dosen ataupun mahasiswa dari Program Vokasi UNG, guru dan siswa dapat terbantukan kedepannya. Kegiatan ini bahwasannya juga bertujuan untuk memperkenalkan adanya Program Vokasi ke masyarakat khususnya siswa-siswi yang tertarik dan tetap ingin melanjutkan studi di Pendidikan Vokasi, karena saat ini belum banyak yang mengetahui prodi-prodi apa saja di Vokasi UNG,” ungkapnya.

PKM dengan tema Kampus Mengajar yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini mendapat apresiasi yang baik dari siswa-siswi di kedua SMK. Hal ini dapat terlihat dari keseriusan dan semangat para siswa-siswi mengikuti materi yang dibawakan oleh setiap dosen secara pararel di masing-masing jurusan.

Dalam kegiatan pengabdian kali ini, dosen program vokasi menekankan pada pengajaran practical skill based on technology. Contohnya pengenalan tahap awal salah satu bentuk pengembangan teknologi seperti simulasi proses penggunaan CNC untuk mengganti metode konvensional yang sudah mulai ditinggalkan saat ini, bagi siswa-siswi di Jurusan Permesinan, kemudian mengenai pengenalan konsep energi baru dan terbarukan, linearitas bidang studi SMK dan Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan bagi siswa Jurusan Teknik Listrik, serta praktik pengolahan citra digital bagi siswa-siswi di Jurusan Desain Komunikasi Visual.

Selain itu, untuk menambah motivasi belajar, PKM kali ini memberikan doorprize berupa paket data dan pulsa untuk pembelajaran kepada siswa-siswi yang dengan tepat menjawab pertanyaan diakhir pertemuan.