Prodi Arsitektur Bangunan Gedung Program Vokasi UNG resmi tandatangani IA (Implementation Agreement) dengan Universitas Colorado Boulder, Amerika Serikat

Prodi Arsitektur Bangunan Gedung Program Vokasi UNG resmi tandatangani IA (Implementation Agreement) dengan Universitas Colorado Boulder, Amerika Serikat

Sebagai upaya mendukung agenda global yakni mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Colorado Boulder Amerika Serikat secara resmi menandatangani Naskah Implementasi Perjanjian Kerjasama Pada Kamis, 9 Mei 2024 Pukul 09.30 WITA. Fokus utama dalam kerjasama adalah membangun kolaborasi akademik berdasarkan Tujuan SDGs khususnya dalam tema kota dan pemukiman yang berkelanjutan.

Implementasi Perjanjian ini ditandatangani Universitas Negeri Gorontalo yang diwakili oleh Syafriani, S.T., M.Ars., selaku Ketua Prodi Arsitektur Bangunan Gedung Program Vokasi dan  Universitas Colorado Boulder (UCB) Amerika Serikat yang diwakili oleh Prof. John Z. Zhai Ph.D selaku Profesor Teknik Sistem Bangunan, Departemen Teknik Sipil, Lingkungan dan Arsitektur. Turut hadir juga dalam acara penandatanganan tersebut, sejumlah unsur perwakilan lain diantaranya, Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T dari Universitas Gajah Mada, Dr.Sc. Yayu Indriati Arifin, S.Pd., M.Si., dari Program Studi Fisika, Noviar Akase, S.T., M.Sc dari Program Studi Teknik Geologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNG.

Penandatangan Implementation of Agreement yang diselenggarakan di Hotel Aston ini berlangsung dengan lancar. Adapun ruang lingkup dan bidang kerjasama secara rinci tertuang pada naskah berupa kegiatan akademik meliputi diskusi, bimbingan, dan konsultasi pada penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi Arsitektur Bangunan Gedung, lebih spesifiknya pada lingkup Vokasi bekerjasama dengan Universitas Colorado yang akan berkontribusi dalam hal penyediaan bimbingan seputar perumusan masalah, metode dan analisis penelitian terkait topik-topik yang mendukung Sustainable Development Goals. Melalui pertukaran ide, pengalaman, dan pengetahuan antara kedua universitas, diharapkan ke depan akan memunculkan inovasi baru yang dapat diimplementasikan dalam praktek arsitektur berkelanjutan.

Dengan adanya implementasi kerjasama ini, telah menunjukan komitmen kedua universitas untuk berkontribusi nyata dalam upaya global menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan dan berdaya. Kolaborasi ini telah menjadi wujud tindakan konkret untuk mendukung SDGs sehingga diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam jangka panjang.